Juli 3, 2007

Sehari Bareng Mas Zaenal

Posted in Tumpah Hati pada 5:25 pm oleh Hanif al-Falimbani

Beberapa hari yang lalu, tepatnya hari senin, aku dapat pengalaman yang sangat berharga. Mas Zaenal, seorang pengemban dakwah dari Malang, dia telah berjasa memberikan pengalaman baru buatku. Mengapa? Karena hari itu, paling tidak aku mendapat sebuah software bagus, 6 orang kenalan baru, dan cara memperluas jaringan, baik itu IT maupun dakwah.Laki-laki bertubuh tinggi itu ke jogja dalam rangka training dan workshop nasional tentang Sistem Informasi Perpustakaan. Dia rela jauh-jauh datang ke jogja untuk ikut workshop yang butuh kocek 350rb perak. Orang seperti saya mana bisa ikut yang kayak gitu, yah akhirnya cuman dapet sofwarenya saja, tapi softwarenya ini siip tenan.. Namanya “ibra” Integrated Library Information System dicreate sama teratama. Sebuah sistem informasi untuk perpustakaan, mungkin kamu akan bilang, “ah.. itukan udah basi banget, banyak yang udah buat..“, ya memang, tapi ada satu keunggulan yang sangat sulit disaingi oleh software lain sejenisnya, yaitu dia bersifat fos (free open source). Dan di kepingan CD sofwarenya tertulis “Bebas di-copy dan didistribusikan“. Jangan heran kenapa bisa begitu, karena sofware ini dikembangkan dengan bahasa yang memang opensource juga, PHP. Tapi jangan kuatir, ini bukan program ecek-ecek, buktinya banyak fitur-fitur yang disediakan, mulai dari dokumentasi digital, sampe membuat kartu perpustakaan dan program ini sudah digunakan di banyak lembaga di berbagai daerah. Klo kamu punya buku bejibun di kamar kos, ato pengen ngedata seluruh koleksi bukumu, ato cuman mau mendapatkan copy-an program ini, bisa hubungi saya, paling cuman ganti biaya bakar CD aja, saya sudah dapet mandat dari pembuat softwarenya langsung lho, face to face, beliau sangat senang sekali kalau programnya bisa tersebar luas karena memang ya itu fos (free open source).

Pengalaman kedua yang aku dapet dari orang inixindo ini, aku diajak ketemu en kenalan sama para pakar IT di seantero jogja. Mulai dari yang bergelut di bidang bisnis software house, sampe yang mengembangkan free software, benar-benar pengalaman yang berharga. Mereka orang yang terlihat biasa-biasa saja, bahkan cenderung merendah, tapi dibalik itu mereka menyimpan sejuta source code... salut..salut..😀

Oya, ada info dari mas Zaenal, bahwa ternyata salah satu dari sepuluh “dot net leader” di Indonesia hanya lulusan SMK. Mas Zaenal tau itu ketika dia mengadakan seminar IT di Malang, utusan dari Microsoft itulah yang ternyata hanya lulusan SMK, dan dia salah satu dari sepuluh “dot net leader” di Indonesia. Utusan dari microsoft ini ndak canggung tidur di masjid tanpa kasur dan makan di tempat-tempat yang sederhana, ya kelas mahasiswa gitu. Usut punya usut, ternyata utusan microsoft ini dulunya adalah buruh bangunan. Setelah lulus SMK, dia ke Jakarta untuk jadi pekerja bangunan tapi setiap malam dia bekerja keras untuk belajar pemrograman, sampai akhirnya jadi “dot net leader” kerja di Microsoft, hebat ya..

Cerita lain lagi yang membuat saya sangat terkesan sekaligus tersindir, di Malang ada seorang temannya yang jadi MSA (Microsoft Student Ambassador) dari Stikma Malang, dia sangat cerdas baik hati tidak sombong dan juga seorang syabab (pengemban dakwah). Bayangkan saja, dia mau membuka les-les gratis bagi adik angkatannya untuk belajar bahasa pemrograman, syaratnya hanya satu, dia mau ngaji. Klo ada orang yang ikut les gratis itu tapi ndak mau ngaji, biasanya disindir-sindir dengan kata-kata seperti “Sinau meng go ndunyo wae gelem, kok dijak sinau mlebu suwargo ra gelem.. aneh hehe.. (belajar hanya untuk dunia saja mau, kok diajak belajar masuk surga ndak mau, aneh hehe..)”, akhirnya mau ndak mau ya mereka ngaji, dalam arti lain, mereka sejatinya “dipaksa” masuk surga.

Pelajaran terakhir yang kudapat adalah bagaimana membuat jaringan IT yang juga mendukung jaringan dakwah. Dan cara ini sedang aku rancang, insya Allah dalam waktu dekat bisa terealisasi, tentunya juga dengan bantuan teman-teman semua. Caranya, ya itu tadi, belajar sambil ngaji. Akhirat dapet, dunia gak lepas, tul gak?!! Insya Allah…

NB: Oya, satu lagi, lupa, aku mau dikirimi buku-buku tutorial dari inixindo lho.. tempat belajar yang butuh biaya enam juta untuk satu materinya dalam waktu hanya dua minggu. kata mas Zaenal sih.. tutorial paling bagus ya dari inixindo ini.. gimana? ada yang mau? tapi diem-diem aja lho..😉

8 Komentar »

  1. riza said,

    wah idenya bagus juga tuh, les gratis tapi harus ikut ngaji. he.. he..

  2. ulfa said,

    pak………tolong bagi program perpusnya……..buat belajar.
    syaratnya hanya satu, dia mau ngaji => cara dakwahnya bagus juga
    buku-buku tutorial dari inixindo => bukunya juga dibagi sama aku dong……aku ganti duit copi nya😀
    sampai akhirnya jadi “dot net leader” => Hidup memang sebuah perjuangan

  3. mikan_atama said,

    mudah-mudahan setelah mencicipi paksaan masuk surga, jadi sadar beneran.. Klo ga ikhlas, kena guncangan dikit aja bisa jadi lepas dari jalan dakwah. MSAnya hebat yah, sayang MSA UGM bukan anak ngaji..

  4. ::riza::

    Iya.. bagus..SDM-nya juga bagus, gmn nggak, MSA..🙂

    ::ulfa::

    WAduh.. gimana ya cara mbaginya, klo dikirim via internet kyknya hampir mustahil.. ukurannya gede bgt.. Klo ndak salah, domisili anti di Surabaya? Gmn, klo via pos..??

    ::mikan_atama::

    Amiin.. Yup.. memang kuncinya yang paling berat itu ikhlas..

    Kan ndak harus dari MSA, temen2 sy bnyk juga yg expert kok, nantikan sj..😉

  5. ulfa said,

    ya betul, domisili ana di surabaya, buku & softawarenya dlm cd ya pak?alamat ana, dikirim ke email antum? tapi ana gak tahu alamat email antum😀

  6. amuluk said,

    Assalamualaikum akhi, kalau boleh ana dapat softwarenya.., alamat nanti ana kirim ke email antum. Pengen tahu guh gimana softwarenya.

    Wassalam
    Sukron

    BTW: Salam KKI … Allhuakbar!!!!

  7. widyatmoko said,

    tolong aku minta no.telp/hp mas zainal. karena q da lama g ketemu

  8. cecep said,

    tambahan dikit, software perpustakaan ibra punya technical support lho. Itu sangat berguna kalo program ingin dikembangkan dengan sedikit berbayar karena ada yang menanganinya secara khusus.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: